Bebek Songkem Pak Salim, Sajian Lezat Kuliner Bebek di Bangkalan

Berbicara tentang sajian kuliner enak dan lezat, rasanya Jawa Timurlah tempatnya, begitu pula dengan sajian kuliner bebek. Selain Surabaya, masih ada lagi tempat kuliner bebek yang bisa menjadi pilihan. pulau seberang yang sudah terhubung dengan Jembatan Suramadu ini ternyata juga memiliki sajian kuliner bebek lezat yang tidak bisa diremehkan. Bahkan Bangkalan sebagai salah satu kabupaten di Pulau Madura memiliki berbagai pilihan tempat kulier bebek lezat yang sudah terkenal. Salah satu bentuk sajian lain yang patut dicoba adalah sajian bebek songkem. Kali ini sesuai dengan ide kuliner yang akan diangkat, maka Bebek Songkem Pak Salim, sajian lezat kuliner bebek di Bangkalan menjadi sebuah ide menarik untuk dibahas.

Bebek Songkem Pak Salim, Sajian Lezat Kuliner Bebek di Bangkalan
Sajian kuliner "Bebek Songkem Pak Salim"

Sebenarnya awalnya, kami dalam satu rombongan ingin mencoba ke tempat kuliner bebek yang menjadi pusat kuliner bebek di Bangkalan yang saat ini memiliki banyak cabang termasuk di Surabaya, namun ternyata saat itu kami sudah kesiangan dan kebetulan habis. Untuk mengurangi rasa kecewa, maka kami mencari sajian kuliner bebek yang searah dengan jalan pulang ke Surabaya. Ternyata di sekitar tempat tujuan kuliner bebek tempat yang kami tuju sebelumnya terdapat banyak pilihan sajian kuliner bebek, salah satunya adalah bebek songkem. 

Bebek Songkem Terdekat dari Jembatan Suramadu

Disini yaitu di Bangkalan, kami bisa melihat ternyata kuliner bebek tidak hanya digoreng saja, namun juga dikukus dengan menggunakan bahan rempah pilihan. Nama tempat kuliner bebek tersebut adalah Bebek Songkem Pak Salim, yang berlokasi di Jalan Raya Ketegan No. 85, Ketengan, Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Dan buka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Dan apabila Anda ingin memesan tempat atau memesan kuliner bebek songkem bisa menghubungi nomor 0812 3372 0000.

Bebek Songkem adalah Bebek Maknyus dan Bebas Kolesterol

Kaget juga ternyata ada yang mengklaim sajian bebek ini bebas kolesterol. Dan disini pula tempatnya yaitu di tempat kuiner Bebek Songkem Pak Salim, yang sudah menyatakan bebek songkem merupakan sajian kuliner bebek yang sehat dan bebas kolesterol. Hal ini disebabkan cara memasaknya yang berbeda yaitu dengan cara dikukus tanpa air dengan menggunakan pelepah pisang. 

Cara mengolah bebek songkem tanpa menggunakan air dan dengan menggunakan pelepah pisang tersebut membuat lemak dan kolesterol yang terkandung dalam bebek menjadi tereduksi secara sempurna, dan kolesterol dalam bebek pada akhirnya menempel padai batang pelepah pisang tersebut. Dan saat disajikan bebek songkem tersebut menjadi menu non kolesterol.

Baca juga: Bebek Remuk Bukit Mas Surabaya.

Selain cara mengolahnya yang unik, bebek songkem merupakan sajian bebek khas yang dimiliki kuliner Bangkalan. Dinamakan bebek songkem karena sajian bebek ini memiliki bentuk yang menyerupai orang yang dalam posisi sungkem seperti pada adat budaya Jawa, hal ini terlihat dengan bagian tangan dan kaki yang dikat sehingga terlihat seperti membungkuk sebagai simbol nilai sopan santun. Hal ini tidak lepas dari sejarah bebek songkem, yang merupakan sebuah wujud rasa hormat dan terima kasih kepada Kyai yang dengan suka rela mengajari anak-anak mengaji. 

Untuk rasa. Luar biasa, meskipun tanpa kolesterol yang terkandung dalam bebek, rasa bebek yang ada dalam bebek songkem tetap enak dan nikmat, apalagi dengan sambal mangga mudanya, menjadikan sajian bebek ini sangat enak. Anda bisa memilih bebek songkem dalam versi kukus yang merupakan versi original atau bisa yang digoreng. Rasanya sama-sama enak.

Foto-foto Bebek Songkem Pak Salim





Bebek Songkem Pak Salim

  • Lokasi: Jalan Raya Ketegan No. 85, Ketengan, Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan.
  • Jam buka: pukul 07.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.
  • Nomor yang bisa dihubungi: 0812 3372 0000.

Itu dia sedikit informasi dan review kuliner tentang sajian “Bebek Songkem Pak Salim, sajian lezat kuliner bebek di Bangkalan”. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang mencari sajian kuliner bebek di Bangkalan Madura. 

Post a Comment

0 Comments