Angkringan Pak Jabrik, Pilihan Wisata Angkringan di Yogyakarta

Sepertinya membahas berbagai hal yang ada di Kota Yogyakarta ini memang sangat menyenangkan, bahkan hanya dari sisi kuliner saja, sangat banyak jenis dan ragamnya. Begitu pula saat ingin mencoba berbagai sajian angkringan sebagai salah satu bentuk wisata kuliner yang ada di Kota Yogyakarta ini membuat kami terus ingin mencoba sajian angkringan yang memiliki banyak pilihan ini, mulai dari angkringan kecil yang ada di trotoar kaki lima sampai dengan angkringan dengan konsep resto semuanya ada di kota ini. Salah satu pilihan yang sengaja ingin dibahas adalah Angkringan Pak Jabrik, pilihan wisata angkringan di Yogyakarta. 

Angkringan Pak Jabrik, Pilihan Wisata Angkringan di Yogyakarta
Angkringan Pak Jabrik

Dari berbagai angkringan yang ada, berderet berjajar di jalanan yang juga digunakan Angkringan Pak Jabrik ini, juga berjajar banyak angkringan besar yang sama-sama menjajakan sajian khas angkringan, dan semuanya ramai.

Angkringan Terdekat dari Kawasan Wisata Malioboro

Sebagai salah satu angkringan yang berada di pusat Kota Yogyakarta, angkringan ini termasuk salah satu angkringan yang cukup terkenal dan juga favorit. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau yang berada di Jalan Margo Utomo (dahulu jalan ini bernama Jalan Mangkubumi) No. 40 - 46, Kota Yogyakarta. Dan buka mulai pukul 16.45 sampai dengan pukul 01.00 dini hari.

Angkringan Terdekat dari Kawasan Wisata Malioboro
Angkringan Pak Jabrik

Untuk menuju lokasi angkringan ini sangat mudah, kalau Anda menginap di sekitar Tugu Jogja, Anda cukup berjalan menuju ke arah selatan, kira-kira 300 meter, dan posisi angkringan ini berada di sebelah kiri jalan. Angkringan Pak Jabrik ini menempati sebuah emperan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat di sebalah utara. Sedangkan di sebelah selatan terdapat angkringan yang sama ramai-ramai, yaitu Angkringan Gareng Petruk.

Untuk Anda yang menginap di Kawasan Wisata Malioboro, Anda cukup mengikuti jalan menuju arah Stasiun Tugu dan berjalan melewati rel, atau bisa mengikuti maps yang ada pada penujuk jalan berikut ini.


Angkringan ‘KR’ Pak Jabrik

Siapa yang mengira, ternyata nama Angkringan Pak Jabrik ini dulunya terkenal dengan nama Angkringan KR. “KR” ini sebenarnya adalah singkatan dari Kedaulatan Rakyat, disebut dengan KR karena angkringan ini berada tepat di depan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat . 

Sebagai salah satu bagian dari wisata kuliner yang ada di Kota Yogyakarta, tentunya semua angkringan memiliki konsep yang hampir sama, yang membedakan hanya terketak pada sajian menu, termasuk kelengkapan dan aneka ragam menu, begitu pula dengan Angkringan Pak Jabrik, bisa dikatakan sebagai angkringan dengan konsep street food, namun disajikan dengan konsep sederhana namun lengkap.

Baca juga: Nasi kucing angkringan di Jalan Perwakilan, Malioboro, Yogyakarta.

Proses penyajian makanan pun hanya disajikan dalam gerobak angkringan yang tersaji beraneka ragam menu, mulai dari nasi bungkus, aneka sate dan berbagai panganan lainnya. Dan para pengunjung dipersilahkan memilih dan mengambil makanan sendiri di gerobak angkringan dan memesan minuman pada pelayan. Kemudian langsung membayar seluruh makanan dan minuman yang dipesannya di meja kasir. 

Adapun menu nasi bungkusnya pun sangat beraneka ragam mulai dari nasi sambal, nasi sambal teri, nasi oseng tempoe, nasi ayam lombok ijo, nasi goreng, nasi tuna dan berbagai pilihan nasi bungkus, semua tersaji dengan rapi di gerobak angkringan. 

Foto-foto "Angkringan Pak Jabrik":









Sebagai angkringan yang berada di kota wisata, tentunya keberadaan angkringan seperti Angkringan Pak Jabrik ini menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para wisatawan. Dengan konsep sederhana, menjadikan konsep angkringan ini sangat menarik untuk dicoba dan dikunjungi. Semoga informasi dan review kuliner  tentang “Angkringan Pak Jabrik, pilihan wisata angkringan di Yogyakarta” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang tertarik dengan sajian wisata kuliner di Yogyakarta.

Post a Comment

0 Comments