Bakpiapia The Beyond Original Pia dari Yogyakarta

Yogyakarta… Membicarakan kota yang satu ini seolah tidak pernah habisnya, mulai dari sisi wisata, tempat nongkrong hingga sajian kuliner semua tidak akan habis untuk membahasnya dalam satu malam. Bahkan tidak hanya tentang sajian kuliner, membicarakan jajanan untuk oleh-oleh yang bisa dibawa untuk keluarga di rumah juga memiliki keasyikan tersendiri. Bahkan diantara jenis makanan yang bisa dibawa untuk oleh-oleh, bakpia bisa menjadi pilihan kue khas Yogyakarta. Berbeda dengan bakpia yang biasanya dibawa sebagai oleh-oleh, maka Bakpiapia “the beyond original pia” dari Yogyakarta bisa menjadi pilihan.

Bakpiapia The Beyond Original Pia dari Yogyakarta
Bakpiapia

Pada awalnya, bakpia sendiri adalah makanan dengan bentuk bundar dan pipih yang dibuat dengan isian kacang hijau yang dibungkus dengan tepung kemudian dipanggang. Kue pia itu sendiri berasal dari China dan memiliki nama asli Tou Luk Pia yang memiliki arti sebgai kue pia kacang hijau. Pada akhirnya, kue pia ini bisa berakulturasi dengan budaya dan adat istidat Jawa yang menghasilkan berbagai makanan atau kue bakpia nikmat khas Yogya seperti saat ini.

Sejarah Bakpia

Bakpia sebagai salah satu sajian kue nikmat yang ada di Yogyakarta, pertama kali dibawa oleh pendatang dari Cina yang bernama Kwik Sun Kwok sekitar tahun 1940-an. Saat itu Kwik mencoba untuk menyewa tanah di Kampung Surwijayan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.

Pada awalnya bakpia yang dibuat di Yogyakarta ini dibuat dengan menggunakan isi daging dan minyak dari babi, yang kemudian dimodifikasi menjadi sajian kue pia yang tidak lagi menggunakan minyak babi, namun kemudian diganti dengan isian kacang hijau. Hasil akulturasi dan adaptasi ini menjadikan cita rasa bakpia menjadi sangat digemari dan diterima semua masyarakat.

Baca juga: Kue Pia "AE" Crispy.

Pada tahun 1980-an, bakpia menjadi semakin terkenal bahkan muncul produsen rumahan di daerah Pathuk. Para penjual ini malah membuka toko di rumahnya masing-masing yang dikemas dengan menggunakan dus atau kertas karton. 

Bakpiapia Jogja

Berbicara tentang bakpia di Jogja, maka bisa dikatakan Jogja bisa disebut sebagai kota bakpia karena begitu banyaknya jenis dan ragam bakpia di kota gudeg ini. Diantara berbagai pilihan bakpia, maka “Bakpiapia” adalah salah satu merk bakpia yang tergolong baru atau pendatang baru di industri oleh-oleh khas Kota Yogyakarta ini. Namun yang membedakannya dengan jenis bakpia lainnya adalah keberaniannya dalam melakukan inovasi dengan membuat jenis variasi bakpia yang unik dengan bentuk dan isian yang berbeda dengan jenis bakpia yang selama ini sudah ada.

Bakpiapia ini berdiri sekitar tahun 2004 dengan namanya saat itu “Bakpia Jogja” dengan bentuk industri rumah tangga, hingga pada tahun 2011, nama Bakpia Jogja ini kemudian diganti menjadi “Bakpiapia” yang memiliki 7 outlet atau gerai Bakpiapia, antara lain:

  1. Jl. Dagen no.7 Jogjakarta (seberang hotel whiz)
  2. Ambarukmo Plaza Jogjakarta(GF) depan Carrefour
  3. Jalan Kaliurang Km.5,2 Jogjakarta
  4. Ruko Bayeman Permai No.4 Jl. Wates KM.3 Jogjakarta
  5. Sevensouls De Arcade, Jl. Cendrawasih Komplek Kolombo No.4 Jogjakarta
  6. Jl. Mataram Jogjakarta (seberang popeye music)
  7. Toko Batik "Teratai Indah" Jl. Malioboro Jogjakarta (seberang malioboro mall).

Bakpiapia Outlet Jl. Dagen Yogyakarta
Bakpiapia Outlet Jl. Dagen Yogyakarta

Jam buka gerai Bakpiapia  mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00.

Untuk rasa terdapat berbagai pilihan, antara lain:

  • Blasteran blueberry cheese.
  • Blasteran tuna pedas.
  • Blasteran pisang keju.
  • Blasteran nanas.
  • Blasteran cappuccino.
  • Blasteran coklat.
  • Blasteran keju.
  • Blasteran durian.
  • Black beauty.
  • Janggut Naga.
  • Single coklat.
  • Single keju.
  • Single kacang hijau.
  • Ampyang kepyar.
  • Blasteran mangga.

Pasti Anda bertanya mengapa disebut “blasteran”? Hal ini disebabkan bakpia ini dibuat dengan perpaduan cita rasa barat dan Jawa dengan ukuran bakpia yang agak besar .

Foto-foto Bakpiapia di Jalan Dagen Yogyakarta

Bakpiapia The Beyond Original Pia dari Yogyakarta
Bakpiapia single coklat

Bakpiapia single coklat
Bakpiapia single coklat

Bakpiapia Jalan Dagen Yogyakarta
Bakpiapia Jalan Dagen Yogyakarta

Bakpiapia Jalan Dagen Yogyakarta
Bakpiapia Jalan Dagen Yogyakarta

Itu dia sedikit informasi tentang “Bakpiapia the beyond original pia dari Yogyakarta”. Semoga menjadi referensi untuk Anda yang mencari kenikmatan bakpia di Kota Yogyakarta.


Post a Comment

0 Comments