Nasi Kuning

Siapa yang tidak kenal dengan nasi kuning?. Kalau ada yang bilang belum tahu dan nggak kenal dengan nasi ini, rasanya kebangetan banget, karena nasi ini sudah sangat familiar. Rasanya yang nikmat dan gurih, membuat kita selalu ingin menikmati nasi ini. Yang menarik, kalau biasanya kita hanya mendapatkan nasi kuning saat acara-acara khusus, misalnya tasyakuran atau acara ulang tahun 17 Agustus-an. Kali ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya di warung-warung atau penjual nasi kuning yang sering mangkal di pinggir jalan.

Harganya yang murah, dan rasanya yang gurih, sering kita jadikan alternatif untuk sarapan pagi. Apalagi bagi anda yang sering terburu-buru untuk pergi ke kantor, rasanya nasi ini sering menjadi senjata yang ampuh untuk mengisi perut yang kosong.

Sajian nasi kuning dan kopi hitam
Sajian nasi kuning dan kopi hitam

Nasi Kuning Sederhana

Banyak sekali jenis nasi yang bisa kita jumpai dn dijual disekitar kita, selain nasi pecel, nasi campur, bahkan nasi uduk, namun yang selalu menyita perhatian adalah kehadiran nasi kuning yang dijual dengan harga terjangkau. Memang saat ini ditengah perkembangan informasi dan teknologi yang semakin cepat, ditambah dengan munculnya peluang bisnis, nasi kuning saat ini menjadi sebuah ladang bisnis baru, bagi anda yang bisa memasak dan kemudian menjualnya.

Nasi kuning buatan sendiri
Nasi kuning buatan sendiri

Nasi kuning ini adalah murni sebuah masakan asli khas Indonesia, dengan bahan dari beras yang dimasak bersamaan dengan kunyit, santan dan juga rempah-rempah. Rasa gurih yang ada pada nasi kuning, dikarenakan adanya campuran bumbu dan santan yang terbuat dari perasan kelapa. Sebagai bagian dari sajian kuliner nusantara, nasi kuning selalu menjadi pilihan untuk disajikan sebagai menu utama dalam bentuk tumpeng, yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk.

Baca juga: Sesederhananya Nasi Kucing.

Sebagai pecinta kuliner nasi kuning, seharusnya kita mengetahui makna yang tersirat didalam pembuatan nasi kuning, dan hal inilah yang membedakan sajian kuliner asli nusantara Indonesia, yang selalu memiliki perwujudan simbol atas kekayaan kuliner Indonesia. Nasi kuning diartikan sebagai wujud filosofi tentang kemakmuran, kekayaan dan adanya moral yang luhur.

Nasi Kuning Mika Kecil

Dengan perkembangan teknologi dan kemudahan mengakses informasi, keberadaan nasi kuning menjadikan adanya peluang bisnis. Salah satunya adalah peluang bisnis nasi kuning, yang saat ini mulai bermunculan di sudut-sudut kota, mulai dari penjual kaki lima sampai dengan restoran, bahkan terkadang kita sering menjumpai nasi kuning yang dijual dalam bentuk mika yang dijual di toko-toko grosir makanan. Dengan harganya yang murah dan sangat terjangkau.

Bahkan yang menarik dalam satu mika kecil nasi kuning, sudah dilengkapi dengan perkedel, irisan telur asin, mie goreng, sambal, lalapan mentimun, serundeng, bahkan irisan kecil ayam goreng. Harganya pun sangat terjangkau, untuk yang saya posting di bawah ini harganya hanya Rp. 8.500 per mika.

Nasi kuning dalam mika
Nasi kuning dalam mika

Dengan perwujudannya dalam bentuk mika, nasi kuning bisa kita letakkan dalam piring saji, dan tampilannya pun tidak kalah dengan tampilan nasi yang dijual di tempat makan atau warung nasi kuning, mungkin yang membedakan hanya soal rasa.

Nasi kuning dalam piring saji
Nasi kuning dalam piring saji

Selain membeli, anda pun bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah, dan dengan resep yang bisa cari diinternet atau pun di majalah kuliner. Semoga bisa menginspirasi.

Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments