Sate Pak Kumis – Nguling Pasuruan

Kuliner yang satu ini menjadi idola bagi siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Rasanya yang enak dan gurih ditambah dengan bumbu saus kacang dan taburan kecap, menjadikan kuliner ini sangat lezat. Sebenarnya juga ketidaksengajaan hingga bisa menikmati sate di daerah perbatasan Kabupaten Pasuruan dengan Kabupaten Probolinggo ini, hanya karena ingin menuju Wisata Bromo, akhirnya sebelum menuju ke tempat wisata tersebut, kami berbelok ke daerah Nguling, dan menemukan kuliner “Sate Pak Kumis – Nguling Pasuruan”. Pedoman kami saat itu, meskipun warung kaki lima, kalau banyak yang antri berarti makanan tersebut enak. Sebenarnya tidak sepenuhnya benar, namun kami ingin menghemat waktu untuk dapat mendapatkan makanan dan enak, dengan cepat di daerah ini.

Sate, bisa dikatakan makanan asli tradisional Indonesia, yang terbuat dari daging, yang dipotong-potong kecil-kecil, yang kemudian ditusuk dengan lidi dari daun kelapa yang kemudian dipanggang dengan menggunakan arang dari kayu. Dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kita lihat adalah sate ayam dan sate kambing, namun didaerah lain juga terdapat sate sapi dan sate kelinci. Di Indonesia sendiri, kuliner sate bisa didapatkan di pedagang sate keliling, warung kaki lima hingga restoran sate. Untuk kenikmatannya, sate biasanya diberikan bumbu kacang, bumbu kecap, ditambah dengan irisan bawang merah, dan cabai rawit, namun hal ini tidak menjadi pedoman, karena tiap daerah juga berbeda dalam hal penyajian.

Sate Ayam Pak Kumis
Sate Ayam Pak Kumis

Sate Ayam Madura Pak Kumis Nguling

Sebenarnya sebutan sate ayam untuk menyebut sate yang dijual Pak Kumis ini kurang tepat juga, karena sate yang dijual oleh Pak Kumis, selain sate ayam juga terdapat sate kambing. Sebenarnya kalau dilihat baner yang ada, tertulis “Warung Sate Pak Kumis Sate Ayam & Kambing, Asli Madura”. Namun untuk mempermudah dalam menyebutnya biasanya hanya dipanggil Sate Pak Kumis Nguling. Lokasi Sate Pak Kumis ini berada setelah perempatan Nguling, masuk ke arah Pasar Nguling, atau tepatnya setelah Kantor Bank Mandiri Nguling. Buka sore hari sampai dengan sate yang dijual habis.

Sate Ayam Madura Asli
Sate Ayam Madura Asli

Baca juga: Bakso Cak Arik, Kenikmatan Kuliner Ndeso.

Berbicara tentang sate ayam Madura, tentunya bisa ditebak, kalau penjual satenya berasal dari Pulau Madura dan memang kebanyakan penjual sate ini berasal dari Madura. Sate Madura memang jenis sate yang sangat populer dan mudah dijumpai. Bahan untuk daging sate bisa berasal dari daging ayam atau daging kambing.

Warung Sate Pak Kumis Nguling Pasuruan
Warung Sate Pak Kumis Nguling Pasuruan

Sate Ayam Bumbu Kecap Khas Pak Kumis

Membicarakan sate, tentunya juga sangat berhubungan dengan bumbu yang menjadi saus dalam menikmati sate. Sudah menjadi rahasia umum, kalau sate Madura sebelum dibakar atau dipanggang, terlebih dahulu diberikan baluran bumbu kecap manis dan kental, yang nantinya saat dibakar, bumbu kecap akan meresap sehingga rasanya menjadi enak.

Pak Kumis melayani pembeli sate
Pak Kumis melayani pembeli sate

Biasanya Sate Madura, memang memiliki bumbu khas, yaitu bumbu kecap manis dan tambahan gula jawa, yang kemudian dicampur dengan bawang putih, bawang goreng, dan kacang tanah yang sudah dihaluskan, petis, kemiri dan garam.

Sate Ayam
Sate Ayam

Sate Madura memang berbeda penyajiannya dengan sate dari daerah lainnya, untuk sate ayam biasanya dihidangkan dengan saus bumbu kacang dan untuk sate kambing, cara menghidangkannya dengan kecap manis yang ditambah dengan irisan bawang merah.

Sajian sate ayam dan nasi putih
Sajian sate ayam dan nasi putih

Satu lagi ciri khas sate Madura, yaitu irisan dagingnya lebih kecil dibandingkan sate lainnya, namun harga yang dijual juga relatif terjangkau, bahkan di Pak Kumis Nguling, ini satu porsi sate ayam tanpa nasi hanya dijual Rp. 10.000,- per sepuluh tusuk.

Post a Comment

0 Comments