Soto Dok Cak No Jombang

Menikmati salah satu kuliner ini memang tidak pernah bosan. Soto menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang paling disukai, selain berbagi jenis kuliner lainnya. Banyak sekali jenis kuliner tradisional Indonesia yang menjadi favorit pecinta kuliner. Begitu pula dengan soto, setiap daerah memiliki nama dan jenis soto yang beraneka ragam, namun soto dari Kota Jombang, Jawa Timur ini masih menjadi favorit kuliner kami. Kami menyebutnya “Soto Dok Cak No Jombang”. Soto ini masih menjadi favorit bagi kami dan keluarga saat lewat di Kota Jombang.

Berbicara tentang soto, siapa yang mengira bahwa soto Indonesia berasal dari Tiongkok yang disebut dengan cau do, yang memiliki arti sebagai jerohan berempah. Bahkan soto juga menjadi salah satu makanan tradisional nasional selain empat jenis kuliner lain, yaitu rendang, sate, nasi goreng dan gado-gado.

Soto Dok Cak No Jombang
Soto Dok Cak No Jombang

Soto Indonesia – Kenikmatan Soto Daging Khas Jombang

Kota Jombang, sebagai kota singgah atau kota perantara bagi anda yang menuju Kota Yogyakarta dari Kota Surabaya, begitu pula sebaliknya, memiliki kekayaan kuliner yang beragam, salah satunya adalah soto daging. Sebenarnya banyak sekali pilihan soto daging di Kota Jombang ini, namun “Soto Daging Cak No” atau “Soto Dok Cak No”, masih menjadi pilihan favorit kami.

Suasana Soto Daging Cak No
Suasana Soto Daging Cak No

Baca juga: Kuliner Jombang, Menikmati Lezatnya Kuliner Tradisional.

Nama soto dok, menjadi sebutan soto khas Jombang, sebutan ini memang tidak beralasan, namun yang menarik adalah cara penjual soto atau Cak No saat melayani pembeli soto dagingnya, setelah menuang kecap, ke dalam mangkok, cara meletakkan botol kecap sambil diletakkan dengan cara keras atau dengan cara menggebrak botol kecap tersebut ke meja gerobak soto. Suaranya keras, sampai berbunyi “dokkk”.

Soto Daging Bening Khas Jombang

Soto dok khas Jombang memang mnemiliki karaktersitik unik, mungkin bagi kebanyakan orang menganggap bahwa soto dok berwarna kekuning-kuningan, namun saya melihat soto daging Cak No ini, berwarna agak bening dan kental, ditambah dengan adanya taoge, irisan bawang prei, menjadikan soto ini sangat lezat.

Tampak depan "Soto Daging Cak No"
Tampak depan "Soto Daging Cak No"

Lokasi soto daging Cak No ini sangat mudah dijangkau, berada di Jalan Kusuma Bangsa, Tugu Utara, Kepatihan, Kecamatan Jombang, Jawa Timur, dan buka mulai pukul 08.00 pagi samapi dengan pukul 20.00. Nomor Handphone yang bisa dihubungi nomor 0857 4846 8030.

Post a Comment

0 Comments