Angkringan Kekinian - Angkringan Cak Kasan Probolinggo

Kuliner masih menjadi bagian dari aktivitas traveling yang kami lakukan. Dari berbagai aktivitas traveling yang dilakukan di Probolinggo, termasuk diantaranya mengunjungi kawasan wisata Bromo, maka belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi sajian kuliner yang ada di Kota Probolinggo. Kami mencoba mencari kuliner yang ada di dekat tempat menginap kami, kebetulan kami meNginap di Kota Probolinggo, hal ini dikarenakan agar kami bisa lebih mudah menuju tempat perjalanan kami selanjutnya. Setelah browsing dan mencari aneka kuliner yang ada di Kota Probolinggo, perhatian kami tertuju pada sebuah tempat kuliner, yaitu angkringan kekinian, Angkringan Cak Kasan Probolinggo.

Sengaja kami memilih angkringan ini karena kami melihat ada yang berbeda dengan tempat kuliner ini. Kalau biasanya, kami sering melihat angkringan, baik di tempat asalnay di Yogyakarta atau di kota-lain yang seringnya berada di pinggir jalan dengan gerobak dorong dan berbagai lesehan, kali ini saya melihat sebuah angkringan yang di buat dengan model angkringan modern, yang berada di sebuah ruko dengan berbagai sajian kuliner modifikasi sajian angkringan.

Tempat Kuliner Probolinggo – Angkringan Cak Kasan

Sepertinya pengelola angkringan ini sengaja memilih tempat kulinernya berada di tengah kota dengan harapan agar mudah dijangkau dan didatangi para pecinta kuline di Kota Probolinggo. Lokasi Angkringan Cak Kasan ini berlokasi di sebuah ruko, di pinggir Jalan Mayjen DI. Panjaitan No. 7 atau di Ruko Panjaitan Palace, Probolinggo. Atau kalau ingin mudah, anda tinggal klik Google Map, ketik Angkringan Cak Kasan, akan terlihat arah menuju angkrigan ini.

Angkringan Cak Kasan di Kota Probolinggo
Angkringan Cak Kasan di Kota Probolinggo

Saat datang ke angkringan ini, sudah ada beberapa orang yang menunggu sajian kuliner di angkringan ini. Berbeda dengan angkringan kebanyakan, setelah anda memilih menu yang anda inginkan, anda bisa memilih tempat duduk, baik di dalam ruko, atau diluar ruko. Untuk diluar ruko, disediakan berupa lesehan sederhana, yang bisa untuk dipakai beberapa orang.

Menu Angkringan Kekinian Probolinggo

Kali ini, kita akan membahas menu yang disajikan di angkringan ini. Jangan kaget kalau anda ingi memilih sajian kuliner angkringan ini, sajian kulinernya sangat berbeda dengan angkringan kebanyakan yang hanya menyediakann dua macam jenis nasi kucing. Namun di Angkringan Cak Kasan, terdapat banyak pilihan sajian kuliner, khususnya nasi bakar, semua nasi yang ada di Angkringan Cak Kasan dibungkus dengan daun, dan bisa dibakar lagi agar nasi bisa terasa hangat.

Nasi dengan lauk terong sambal balado dan tambahan lauk lainnya
Nasi dengan lauk terong sambal balado dan tambahan lauk lainnya

Kalau melihat obrolan dengan masnya yang ada di Angkringan Cak Kasan, terdapat 13 macam jenis nasi, mulai nasi gurih bakar sampai dengan nasi putih dengan beraneka macam lauk. Untuk nasi gurih bakar terdapar nasi gurih bakar isi tuna, ayam pedas atau ayam tidak pedas. Kalau nasi kucing, atau nasi putihnya sangat berbeda dengan nasi kucing biasanya, di Angkringan Cak Kasan, nasinya sangat banyak dengan berbagai macam pilihan lauk, mulai lauk tempe, lauk oseng paru, sampai dengan lauk teri petai sambal balado.

Baca juga : Kuliner Probolinggo - Kenikmatan Tahu Kikil Pak Kayun.

Namun kali ini saya memilih nasi lauk paru bumbu kecap dengan nasi lauk terong balado, rasanya pas, dan untuk harga, sangat terjangkau.

Konsep Angkringan Kekinian

Berbicara tentang konsep angkringan, sebenarnya kalau melihat foto-foto yang terpampang di dinding ruko. Angkringan Cak Kasan pernah menggunakan konsep yag sama dengan angkringan di Jogja, dengan gerobak dorong dan dengan tempat duduk panjang atau dingklik di depan dan samping gerobak. Namun dengan perkembangan, dan agar penikmat kuliner Angkringan Cak Kasan bisa menikmati sajian dengan tenang, maka pemilik angkringan memindah tempat angkringan dari yang berada di pinggir jalan, di pindah ke ruko Panjaitan ini.

Nasi lauk oseng paru dan  tambahan ceker pedas
Nasi lauk oseng paru dan  tambahan ceker pedas

Konsep angkringan, masih mempertahankan adanya gerobak, namun terdapat berbagai modifikasi baik makanan atau pun minuman, namun tetap menggunakan konsep angkringan, meskipun sepertinya telah menjadi angkringan ala Jawa Timuran.

Anda tertarik? Segera coba kuliner angkringan kekinian di Kota Probolinggo. Dijamin puas...

Post a Comment

0 Comments