Kuliner Probolinggo - Kenikmatan Tahu Kikil Pak Kayun

Menikmati traveling menjadi hal yang menyenangkan, Probolinggo menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik, apalagi Gugusan Wisata Bromo – Tengger – Semeru berada di daerah ini. Namun, belum lengkap rasanya kalau menikmati traveling tidak menyempatkan diri untuk menikmati kuliner di tempat yang kita kunjungi. Probolinggo, baik di kota maupun di Kabupaten memiliki berbagai macam pilihan tempat kuliner yang menarik, mulai dari nasi bakar khas Angkringan Cak Kasan atau pun hanya sekedar bakso, seperti Bakso Eddy, atau pun tempat kuliner yang lain. Kali ini wisata kuliner Probolinggo, kenikmatan tahu kikil Pak Kayun, lebih menarik perhatian saya dibanding beberapa kuliner lainnya yang menjadi ciri khas Kota Probolinggo.

Penasaran... menjadi kata utama yang menarik perhatian kami beserta rombongan untuk datang ke tempat kuliner ini. Hal ini dikarenakan, “Tahu Kikil” di Kota Probolinggo, sangat berbeda dengan tahu campur khas Lamongan, yang bertebaran di Kota Surabaya atau di Kota Lamongan sendiri.

Bakso Tahu Kikil Pak Kayun Probolinggo
Bakso Tahu Kikil Pak Kayun Probolinggo

Tempat Wisata Kuliner di Kota Probolinggo – Tahu Kikil Pak Kayun.

Kalau anda menginap di hotel atau di Guest House di Kota Probolinggo, tempat kuliner enak ini harus anda coba. Tahu Kikil Pak Kayun ini berada di tengah Kota Probolinggo, tepatnya berada di Jalan Soekarno Hatta, No. 17, Kota Probolinggo, dan buka mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Tempatnya sangat mudah dijangkau, apalagi tempat kuliner ini sangat terkenal di Kota Probolinggo, dan lebih dikenal dengan “Kikil Brak”.

Kikilnya besar
Kikilnya besar

Baca juga: Tahu Campur Lamongan Cak Minto Surabaya.

Terdapat dua jenis kuliner yang disajikan dan dijual ditempat ini, yaitu tahu kikil dan bakso. Untuk tahu kikil, biasanya dalam satu porsinya terdapat tahu kikil lengkap ditambah dengan sajian bakso yang nikmat. Jadi kalau anda mengajak anak kecil, yang belum terbiasa dengan kuliner kikil, bisa anda pilihkan dengan sajian “Bakso Pak Kayun”.

Rekomendasi Kuliner Probolinggo

Sebagai sajian kuliner kikil, kenikmatan kikilnya memang sangat enak, dijamin setelah menikmati satu porsi anda akan merasa kekenyangan. Dalam satu porsi tahu kikil di “Kikil Pak Kayun” ini, hanya disajikan dengan kikil sapi, irisan tahu goreng, sayur berupa sawi dan juga bumbu petis, ditambah lagi dengan bakso dengan ukuran besar. Hal inilah yang membedakannya dengan kuliner tahu campur Lamongan. Dalam satu porsi “tahu kikil bakso Pak Kayun”, dibandrol dengan harga Rp. 18.000,- per porsi.

Tampak dari atas Sajian Kuliner Tahu Kikil Pak Kayun
Tampak dari atas Sajian Kuliner Tahu Kikil Pak Kayun

Untuk Bakso Pak Kayun, dalam satu porsi disajikan, seperti kuliner bakso lainnya, namun dalam satu porsi terdapat dua bakso atau pentol daging sapi yang enak dan kenyal, dengan rasanya yang gurih. Satu mangkok “Bakso Khas Pak Kayun” dibandrol dengan harga Rp. 17.000,- per porsi.

Bakso Pak Kayun
Bakso Pak Kayun

Jadi, bagi anda yang bingung saat mengunjungi Kota Probolinggo, dan ingin menikmati sajian kikil yang berbeda dengan kota lainnya, maka pilihan tahu kikil Pak Kayun bisa menjadi rekomendasi untuk menikmati kuliner lezat khas Kota Probolinggo.

Post a Comment

0 Comments