Kue Lumpur “MAMAN” – Jajanan Legit Khas Sidoarjo

Indonesia adalah surganya kuliner, banyak sekali jenis kuliner yang bisa anda dapatkan di negara khatulistiwa ini. Dengan banyaknya budaya dan suku yang ada, mengakibatkan setiap daerah memiliki ciri khas yang menjadikan menarik untuk mengunjunginya. Di Jawa Timur sendiri memiliki banyak keanekaragaman kuliner yang bisa dicoba, selain kuliner juga terdapat jajanan enak yang menjadikan kota atau kabupaten ini selalu disinggahi, meskipun hanya sekedar ingin menikmati kuliner dan jajanan tersebut. Kali ini Kue Lumpur Maman, jajanan legit khas Sidoarjo menjadi tujuan kami untuk mengobati rasa penasaran kami akan rasa khas kue lumpur Sidoarjo.

Kue lumpur sendiri adalah salah satu jajanan tradisional atau bisa disebut dengan jajanan pasar yang banyak disukai, selain memiliki tektur yang lembut, juga memilki rasa manis. Kalau anda datang ke pasar tradisional biasanya terdapat penjual yang menjual aneka kue, dan kue lumpur ini selalu ada dalam tampilan kue yang ditawarkan.

Kalau melihat namanya, tidak terdapat informasi yang jelas tentang sumber nama, mengapa sampai disebut “kue lumpur”. Kalau dibilang lumpur, namun tidak ada saus berwarna gelap yang bisa disebut mirip dengan lumpur, namun ada yang mengatakan adonan kue yang agak lembek dan lembut ini yang mengakibatkan adonan kue ini seperti lumpur. Hal ini yang menyebabkan kue ini disebut kue lumpur.

1. Asal Kue Lumpur

Sebenarnya tidak ada informasi detail tentang asal kue lumpur ini, namun ada yang mengatakan kalau kue ini berasal dari Lisbon, Portugal, dan kue ini adalah turunan dari pastel Natal atau pasteis de nata. Jenis adonan kue ini merupakan kategori dari jenis custard (susu dan kuning telur).

Kue Lumpur “MAMAN”
Kue Lumpur “MAMAN”

Diperkirakan kue ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1511 sampai 1526 yang dibawa oleh orang Portugis, namun di Indonesia terjadi modifikasi bahan, yang semula berbahan susu diganti dengan bahan santan dari kelapa.

2. Kue Lumpur “Maman” – Kue Khas Sidoarjo

Berbicara tentang kue lumpur, sebenarnya kue ini sudah tersebar di setiap kota, namun di Sidoarjo sepertinya kue lumpur menjadi kue khas Sidoarjo. Di Sidoarjo sendiri terdapat beberapa jenis kue lumpur, yaitu kue lumpur pandan, kue lumpur kentang dan juga kue lumpur lapindo. Salah satu gerai kue lumpur yang sengaja kita coba dan nikmati adalah “Kue Lumpur Maman”.

Kue Lumpur “MAMAN” Khas Sidoarjo
Kue Lumpur “MAMAN” Khas Sidoarjo

Nama “Maman” adalah singkatan dari kata”Mantu Idaman”. Mantu dalam bahasa Jawa berarti menantu. Mungkin bisa saja nama ini menjadi sebuah harapan agar anak menantu bisa menjadi harapan dan idaman keluarga, mungkin itu maksudnya. Saya menikmati kue lumpur ini saat beristirahat sejenak di Rest Area Tol Km 735 Tol Sidoarjo menuju Surabaya. Namun apabila anda ingin memesan dalam jumlah banyak, anda bisa menghubungi nomor telepon 0838 7919 7738. Atau anda bisa mengunjungi gerai Kue Lumpur Maman, yaitu di:
  • Gerai Stadion Gelora Delta Kav. 32 A, Jalan Pahlawan Wismasarinadi, Sidoarjo.
  • Rest aret tol Km 753 Arah Surabaya (di Stand Pujasera).
  • Perum Graha Kota Blok 01, Burengan, Pesantren, Kota Kediri.  

3. Aneka Macam Rasa Kue Lumpur Maman

Kue lumpur khas Sidoarjo ini memang berbeda bila dibandingkan dengan kue lumpur yang biasanya, rasanya yang enak, empuk dan memiliki tekstur yang lembut, membuat tidak bisa berhenti untuk menikmati kue ini. Terdapat empat macam rasa yang ditawarkan yaitu kue lumpur original, nangka, kelapa muda dan campur. Dan saat ini juga terdapat rasa baru yaitu rasa durian.

Lezatnya Kue Lumpur
Lezatnya Kue Lumpur

Untuk harga, yang original Rp. 3.000 per pcs, yang rasa nangka dan kelapa muda per pcs Rp. 4.000,- dan untuk rasa durian per pcs Rp. 5.000,-.

Tertarik untuk menikmati kue lumpur Maman, jajanan legit khas Sidorajo?. Segerai kunjungi gerai-gerai Kue Lumpur Maman. Dijamin anda akan puas.

Post a Comment

0 Comments