Angkringan Cak Kasan, Angkringan Kekinian di Kota Probolinggo

Apa yang ada di bayanganmu tentang sebuah angkringan?. Tentunya sebuah warung dengan gerobak dorong ditambah dengan dingklik (tempat duduk panjang) yang diletakkan di depan dan samping gerobak, dan menjadi ikon kuliner di Yogyakarta.

Angkringan di kota lain?. Tentu hal ini menjadi hal yang menarik, begitu pula di Kota Probolinggo terdapat sebuah angkringan, yaitu Angkringan Cak Kasan, yang menyajikan konsep kuliner khas Yogyakarta dengan rasa Jawa Timur-an.

Ini dia yang menjadikannya berbeda, angkringan yang dulunya hanya untuk tempat nongkrong sambil menikmati kopi, namun di Kota Probolinggo disulap menjadi tempat kuliner dengan tidak meninggalkan unsur khas Angkringan Jogja.

Dulunya hanya angkringan kaki lima

Angkringan Cak Kasan ini berdiri tahun 2104, awalnya berada di sekitar RSUD Dr. Mochamad Saleh, Kota Probolinggo, dengan konsep yang sama dengan Angkringan Yogya, dengan gerobak dorong, beserta dingklik panjang di depan gerobak dan juga lesehan yang disediakan di belakang gerobak dorong. Lokasinya berada di halaman depan (area parkir) kompleks Ruko A. Yani, Kota Probolinggo, dan buka mulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 02.00.

Angkringan Cak Kasan saat di awal buka
Angkringan Cak Kasan saat di awal buka

Untuk sajian kulinernya saat itu hanya ada dua macam nasi kucing, yaitu nasi kucing orek tempe dan nasi kucing teri, aneka sajian sate khas Jogja dan juga minuman, di tambah minuman khas angkringan Jogja, yaitu kopi joss dan wedang uwuh.

Perubahan konsep menjadi angkringan kekinian

Kondisi yang mengharuskan angkringan ini pindah ke lokasi baru, menjadikan adanya perubahan konsep angkringan, tidak lagi menjadi tempat nongkrong dan menikmati kopi, namun berubah menjadi tempat makan kekinian. Angkringan Cak Kasan pindah ke lokasi baru di Jalan Panjaitan Ruko Panjaitan Palace, sekitar tahun 2017.

Angkringan Cak Kasan di Jalan Panjaitan Kota Probolinggo
Angkringan Cak Kasan di Jalan Panjaitan Kota Probolinggo

Baca juga: Angkringan Kekinian - Angkringan Cak Kasan Probolinggo.

Namanya tetap menggunakan angkringan, namun model penyajian makanannya yang berubah, gerobak dorong dibuat seperti gerobak prasmanan, sehingga para pelanggan bisa memilih sajian kuliner yang disediakan.

Menu kuliner yang disajikan lebih beraneka ragam

Sejak pindah ke lokasi baru, menu yang disajikan menjadi lebih banyak, kalau dulu hanya 2 macam nasi kucing, saat ini terdapat 15 macam menu, yaitu 11 macam nasi kucing dengan bungkus daun dengan lauk yang beraneka ragam dan 4 macam nasi gurih bakar. Dan sajian satenya menjadi lebih banyak dan beraneka ragam, ditambah dengan menu ceker pedas siap menggoyang lidah kamu.

Menu Angkringan Cak Kasan
Menu Angkringan Cak Kasan

Menurut pengelolanya, sebenarnya tidak ada niat untuk merubah konsep, namun karena di tempat baru lebih sempit dan harus menyesuaikan dengan kondisi tempat, akhirnya gerobak angkringan dikonsep menjadi seperti meja menu dari gerobak. Sedangkan penambahan menu berasal dari masukan para pelanggan yang ingin mendapatkan sajian menu yang berbeda dan enak dengan rasa khas pesisir utara Jawa Timur, yang tidak lagi rasa yang manis, namun lebih banyak rasa gurih dan pedas.

Nasi kucing teri petai sambal balado menu favorit pecinta kuliner.

Terdapat beberapa menu favorit para pecinta kuliner yang selalu dicari, yaitu nasi gurih bakar ayam pedas dan nasi gurih bakar tuna. Dan untuk nasi kucing terdapat 4 menu yang selalu dicari, yaitu nasi kucing lauk cumi bumbu hitam, nasi kucing oseng paru sapi, nasi kucing lauk suwir daging, dan yang paling favorit yaitu nasi kucing teri petai sambal balado. Dan untuk harganya sangat terjangkau, dalam satu bungkus nasi kucing hanya berkisar mulai Rp. 3 ribu sampai Rp. 5 ribu, sedangan untuk nasi gurih bakar hanya Rp. 8.000,-.

Sajian Kuliner ala Angkringan Cak Kasan
Sajian Kuliner ala Angkringan Cak Kasan

Selain sajian menu nasi yang bervariasi, sajian satenya juga sangat banyak, dan juga disedikan sate untuk kamu yang tidak suka pedas. Kalau beruntung, terkadang juga disediakan pepes telur rajungan atau telur kepiting, ditambah sajian ceker pedas yang satu porsinya hanya Rp. 8.000,-.

Pilihan menikmati kuliner khas Kota Probolinggo
Dengan ciri khasnya yang membuat daya tarik tersendiri, Angkringan Cak Kasan menjadi tujuan menikmati kuliner, baik para pelanggan juga para tamu wisatawan yang menginap di sekitar lokasi angkringan yang hendak berwisata ke Gunung Bromo. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi Angkringan Cak Kasan.



Tertarik untuk menikmati sajian kuliner kekinian khas Angkringan Cak Kasan?. Buruan datang, karena angkringan ini hanya buka sebentar saja, buka mulai pukul 17.00 dan tutup maksimal pukul 21.30, dan apabila habis sebelum jam tersebut akan segera ditutup oleh pengelolanya.

Post a Comment

0 Comments