Rumah Makan “Warket”, Pilihan Kuliner Di Tongas, Probolinggo

Pesisir utara Jawa Timur, khususnya di daerah timur, masih memiliki pesona yang luar biasa. Kalau anda melakukan perjalanan menuju Bali dan melewati jalan raya biasa atau  tidak melewati jalan tol, di daerah ini cukup banyak berbagai tempat makan enak yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Rumah Makan Warket, merupakan pilihan kuliner di Tongas, Probolinggo. Rumah makan ini sebenarnya salah satu dari rumah makan enak yang bisa menjadi pilihan, saat anda sengaja lewat di daerah Tongas ini.

Didaerah Pasuruan sampai dengan Probolinggo memang banyak terdapat kuliner enak dan bisa menjadi pilihan saat anda lewat di daerah ini. Tergantung dari anda, ingin menikmati sajian kuliner dimana. Anda bisa mencari informasi dan review kuliner diinternet, disitu memberikan berbagai ulasan positif tentang kuliner khususnya Rumah Makan Warket.

Rawon "Warket"
Rawon "Warket"

Rumah Makan  Legendaris di Tongas

Siapa yang mengira kalau rumah makan yang berlokasi di Jalan Raya Tambakrejo No. 117, Tambakrejo, Tongas, Kabupaten Probolinggo, sudah lama berdiri. Warket adalah singkatan dari “Waroeng Ketan” yang telah berdiri sejak tahun 1997.

Warket Tongas
Warket Tongas

Warung ini awalnya hanya warung kecil di daerah Tongas Wetan dengan bentuk semi permanen, dan dengan berkambangnya waktu, warung kecil ini berkembang menjadi rumah makan “Warket” yang sangat ramai dan menjadi favorit para pecinta kuliner yang sengaja datang untuk menikmati sajian kuliner di rumah makan ini.

Menu Kuliner Khas Warket

Pada awalnya saat pertama kali dibuka, Warket hanya menyediakan ketan dan kopi, dan hal ini yang menyebabkan tempat kuliner ini disebut dengan nama Warket. Dan sedikit demi sedikit dengan mulai dikenalnya warung ini, sepertinya menu kuliner yang disajikan tidak hanya ketan, namun juga berbagai menu dengan menu masakan rumahan khas Jawa, mulai nasi pecel, nasi rawon, nasi sop, nasi lodeh, dan berbagai jenis menu dan lauk lainnya. Sedangkan menu yang menjadi favorit adalah nasi rawon.

Menu Khas Warket “Nasi Rawon”

Nasi rawon sebenarnya adalah menu umum saat anda menikmati sajian kuliner did aerah Pasuruan dan Probolinggo, menu ini adalah sajian makanan khas tradisional Jawa Tmur, dengan sup daging, dengan kuah khas berwarna hitam, yang disebabkan campuran bumbu kluwak dalam sup gurih ini.

Baca juga: Angkringan Cak Kasan, Angkringan Kekinian di Kota Probolinggo.

Penyajian rawon di Warket ini sebenarnya sama dengan tempat kuliner lainnya, dengan nasi hangat ditambah taoge kecil, irisan daging berbentuk dadu dan tidak lupa sambal yang enak dan pedas. Anda pun bisa menambah lauk lainnya sesuai selera anda, misalnya tempe goreng, perkedel kentang, daging atau empal sapi dan berbagi pilihan lauk lainnya.

Kenikmatan Rawon Warket
Kenikmatan Rawon Warket

Itu dia sedikit review kuliner tentang Rumah Makan Warket, yang merupakan pilihan kuliner di Tongas, Probolinggo. Semoga bisa memberikan informasi bagi anda. Selamat mencoba dan terima kasih.

Post a Comment

0 Comments