Nasi Goreng Teri Medan, Kuliner Nusantara Khas Aceh

Kuliner Indonesia memang luar biasa, selain nikmat, juga memiliki ragam kuliner yang banyak dan bervariasi. Diantara berbagai sajian kuliner yang selalu menjadi favorit adalah kuliner nasi goreng. Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, juga memfavoritkan nasi goreng sebagai pilihan kulinernya. Nasi goreng sendiri menjadi salah satu kuliner yang sangat mudah dijumpai diberbagai sudut kota di Indonesia, namun diantara berbagai jenis nasi goreng, nasi goreng teri Medan, kuliner nusantara khas Aceh ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin menikmati hidangan khas Melayu.

Kuliner di Indonesia semakin berkembang dan bervariasi, begitu pula dengan sajian kuliner nasi goring, banyak sekali variasi yang ditambahkan di menu nasi goreng, begitu pula dengan nasi goreng teri Medan ini. Sebenarnya nasi goreng yang akan dibicarakan adalah nasi goreng khas Melayu dengan tambahan rempah, tentunya dengan tambahan teri Medan yang gurih dan nikmat,.

Sajian Khas Melayu "Nasi Goreng Teri Medan"

Tentunya sesuai dengan sebutannya, nasi goreng teri Medan, adalah sebuah nasi goreng yang dibuat dari olahan nasi putih dengan tambahan bumbu dan renyah gurihnya ikan teri. Tambahan ikan teri disini akan membuat tekstur nasi goreng menjadi lebih nikmat. Rahasian kenikmatan nasi goreng teri Medan terletak pada pengurangan jumlah garam, karena sudah ada ikan teri yang memiliki rasa asin.

Nasi goreng teri Medan;Nasi Goreng Teri Medan, Kuliner Nusantara Khas Aceh;Sajian Khas Melayu "Nasi Goreng Teri Medan";Nasi Goreng Teri Medan di Kedai Pak Cik Abin Malang;
Nasi goreng teri Medan

Baca juga: Mie Aceh Rebus, Sensasi Kuliner Aceh Yang Nikmat.

Berbicara tentang ikan teri Medan yang digunakan dalam pembuatan nasi goreng teri Medan ini, ikan kecil ini bayak didapatkan dan diproduksi di daerah Lampung yaitu di Pulau Pasaran. Penamaan teri Medan sendiri berawal pengolahan ikan teri yang dilakukan di Sibolga, Sumatera Utara, meskipun sekitar tahun 1970-an pengolahan teri Medan juga sudah dilakukan di daerah Lampung.

Nasi Goreng Teri Medan di Kedai Pak Cik Abin Malang

Saya sendiri mencoba kelezatan nasi goreng teri Medan di sebuah tempat kuliner di Malang. Paduan ikan teri Medan dan nasi hangat yang diolah dengan bumbu yang pas menciptakan sajian kuliner nikmat khas Melayu.

Kedai Pak Cik Abin;
Kedai Pak Cik Abin

Di kedai Pak Cik Abin sendiri, selain nasi goreng teri Medan, juga disediakan berbagai pilihan nasi goreng khas Melayu. Namun kenikmatan nasi goreng ditambah dengan campuran ikan teri ini telah membius saya untuk menikmati sajian nasi goreng di kedai khas Melayu ini.

Tidak banyak informasi yang bisa diberikan tentang sajian kuliner ini, semoga informasi tentang kelezatan nasi goreng teri Medan, kuliner khas Aceh bermanfaat untuk anda. 


Post a Comment

0 Comments