Mencicipi Nikmatnya “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu” di Kota Probolinggo

Ini dia salah satu sajian kuliner yang tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, dan bahkan hampir di seluruh daerah di Indonesia sangat mudah dijumpai dan semua kalangan sangat menyukai sajian makanan yang satu ini. “Martabak”, rasanya yang nikmat, baik martabak telur atau martabak terang bulan, ditambah harganya yang sangat terjangkau, menjadikan martabak menjadi sajian favorit para pecinta kuliner di seluruh Indonesia. Begitu pula dengan tema tulisan saat ini yang ingin menggambarkan kenikmatan sajian martabak dengan mencicipi nikmatnya “martabak & terang bulan Lebaksiu” di Kota Probolinggo, seolah menjadi keasyikan tersendiri untuk menikmati sajian kuliner kekinian.

Mencicipi Nikmatnya “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu” di Kota Probolinggo
Lezatnya martabak

Berbicara tentang sajian kuliner martabak, memang sangat menarik, begitu pula saat Anda ingin menikmati sajian kuliner yang satu ini, dalam satu gerai selalu dijual dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang biasa disebut dengan martabak telur dan juga martabak manis yang kebanyakan masyarakat menyebutnya dengan terang bulan.

Dengan berkembangnya kuliner, tentunya jenis dan ragam martabak menjadi semakin menarik, bahkan inovasi juga dilakukan, salah satunya bisa dilihat dengan topping yang diberikan sebagai tambahan pada martabak manis, tidak hanya dengan toping keju atau coklat saja, bahkan topping diberikan sesuai dengan konsep kekinian sebagai daya tarik tersendiri, agar para pembeli tidak segan untuk datang kembali, seperti tambahan topping oreo, silverqueen, dan masih banyak ragam lainnya.

Begitu pula dengan dengan martabak telur, tidak hanya menggunakan bahan dari telur ayam, namun juga disediakan dari bahan unggas lainnya, seperti telur bebek meskipun harganya sedikit lebih mahal dari martabak telur dengan menggunakan telur ayam.

Sensasi Nikmat Martabak Lebaksiu di Kota Probolinggo

Berbicara tentang martabak, di Kota Probolinggo sendiri juga banyak sekali gerai martabak, baik kaki lima atau pun dalam bentuk tempat permanen yang juga menyediakan martabak telur dan terang bulan. Namun, meskipun terdapat banyak penjual, dari sekian gerai penjual martabak di Kota Probolonggo, “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu” menjadi salah satu penjual martabak kaki lima yang banyak dikunjungi para pecinta kuliner di Kota Probolinggo.

Tampak depan "Harga Martabak & Terang Bulan Lebaksiu"
Tampak depan Gerai "Martabak & Terang Bulan Lebaksiu"

Martabak & Terang Bulan Lebaksiu di Kota Probolinggo ini berada di:

  • Jalan Soekarno – Hatta No. 135, Pilang, Kec. Kademangan, Kota Probolinggo atau di depan SMA 1 Kota Probolinggo.
  • Buka mulai pukul 17.30 sampai dengan pukul 23.30 WIB.
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi: 0889 0941 594 (Bila Anda ingin memesan martabak apabila memiliki hajatan atau ingin membeli dalam jumlah banyak).

Berbicara tentang nama, “Lebaksiu” ternyata adalah sebuah kampung di daerah Tegal, tepatnya di Desa Lebaksiu, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah,  yang sudah dikenal sebagai kampung yang sebagian besar warganya mengadu nasib ke seluruh Indonesia dengan berjualan martabak. 

Martabak Telur, Pilihan Rasa Nikmat Khas “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu”

Sesuai dengan namanya, begitu pula dengan martabak telur atau martabak asin yang dijual di gerai kaki lima ini, dengan rasanya yang gurih ditambah dengan berbagai sayuran didalamnya, seperti sayur, daging dan berbagai bumbu didalamnya dalam sebuah kulit tipis adonan padat, yang kemudian dilipat dan digoreng sampai matang, menjadikan sajian kuliner ini menjadi makanan yang sangat digemari masyarakat.

Martabak Telur

Di gerai martabak ini, Anda bisa memilih martabak dengan bahan telur ayam atau telur bebek, dan Anda bisa memilih jenis martabak asin atau martabak telur mulai dari harga Rp. 17.000 per porsi atau per kotak, dengan ragam pilihan:

  • Biasa.
  • Spesial.
  • Istimewa 
  • Super.
  • Jumbo.

Khusus untuk martabak dari bahan telur bebek pilihan paling kecil hanya disediakan mulai dari jenis special. Perbedaan nama ini didasarkan dari jumlah bahan telur yang digunakan sebagaii bahan martabak.

Martabak Manis Khas Lebaksiu di Kota Probolinggo

Bosan dengan pilihan martabak telur? Anda bisa memilih martabak manis sebagai pilihan selain martabak telur. Martabak manis yang memiliki nama asli Hok Lo Pan ini dengan berkembangnya kuliner semakin lama menjadi semakin menarik. Apalagi dengan berbagai pilihan rasa dan topping yang ditawarkan.

Martabak manis Lebaksiu

Martabak manis ini dibuat dengan menggunakan tepung yang diolesi mentega, kalau dahulu untuk topping kebanyakan hanya ditaburi dengan meses, keju, kacang dan wijen. Namun sesuai dengan berkembangnya kuliner, topping yang ditawarkan menjadi semakin menggoda. 

Baca juga: Nasi goreng arang Jogja.

Martabak manis Lebaksiu memberikan berbagai pilihan yang bisa dipilih, antara lain:

  • Original.
  • Pandan.
  • Red velvet.
  • Milo
  • Black Oreo.

Dengan pilihan topping sebanyak 26 pilihan yang bisa dipilih, mulai dari dari hanya topping kacang sampai dengan topping variasi nutella keju oreo.

Harga Martabak & Terang Bulan Lebaksiu

Sebagai sajian kuliner nikmat, tentunya harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Untuk harga bisa dilihat pada gambar dibawah ini (apabila kurang jelas, Anda tinggal meng-klik gambar tersebut untuk melihat detail harga yang disampaikan). Untuk martabak manis harga paling murah dibandrol dengan harga Rp. 18.000 dengan toping kacang, dan untuk martabak telur harga yang paling murah dijual dengan harga Rp. 17.000 untuk martabak telur ayam biasa.

Harga Martabak & Terang Bulan Lebaksiu
Harga Martabak & Terang Bulan Lebaksiu

Apabila Anda menginginkan tambahan toping yang berbeda tentunya Anda tinggal membayar lebih sesuai dengan harga yang ditawarkan pada daftar menu tersebut.

Foto-Foto Sensasi Menikmati Kuliner “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu”

Mencicipi Nikmatnya “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu” di Kota Probolinggo
Proses menggoreng martabak telur

Mencicipi Nikmatnya “Martabak & Terang Bulan Lebaksiu” di Kota Probolinggo
Martabak telur

Proses pembuatan martabak manis "Red Velvet" topping oreo

Martabak manis "Red Velvet" topping oreo

Itu dia sedikit kenikmatan dan sensasi mencicipi nikmatnya “martabak & terang bulan Lebaksiu” di Kota Probolinggo. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin menikmasi martabak khas Lebaksiu.

Post a Comment

0 Comments