Ayam Geprek, Sajian Nikmat Kuliner Favorit

Ini dia sajian favorit yang tidak pernah bosan untuk menikmatinya. Sejak pertama mengenal kuliner ini di salah satu gerai milik artis ternama Indonesia, akhirnya karena rasanya yang enak menjadikan kami ketagihan, entah menikmatinya di warung kecil sampai restoran, tetap sajian ini menjadi pilihan. Ayam geprek, sajian nikmat kuliner favorit ini memang menjadi pilihan pecinta kuliner Indonesia. Sebenarnya sajian ini sudah biasa kita nikmati, namun sejak diperkenalkan secara resmi, menjadikan kuliner ayam geprek menjadi naik daun.

Ayam Geprek, Sajian Nikmat Kuliner Favorit
Ayam geprek dengan sambal hijau

Nama kuliner ayam geprek ini memang santer dan sempat mencuat dalam berita nasional, hal ini disebabkan perebutan merek dagang antara artis tersebut dengan rekan bisnisnya. Namun, di balik perebutan tersebut, terdapat hal positif yaitu semakin dikenalnya sajian kuliner ayam geprek.

Asal Usul Ayam Greprek

Berbicara tentang ayam geprek ini, siapa yang mengira kalau pencetus atau pembuat menu ayam geprek ini adalah seorang ibu-ibu pemilik warung lotek dan soto yang berada di Kampung Papringan, Yogyakarta. Ide menjual ayam goreng tepung ini diawali dari permintaan salah satu pelanggannya yang kebanyakan mahasiswa di Yogykarta pada tahun 2003 lalu.

Baca juga: Rawon, kenikmatan kuliner khas Jawa Timur.

Pelanggan tersebut meminta pada Bu Rum, untuk menambahkan sambal pada ayam goreng tepung yang dijualnya. Para pelanggan banyak yang menyebut sajian ayam goreng tepung yang sudah diberikan sambal tersebut dengan nama ayam ulek atau ayam gejrot, namun pada perkembangannya Bu Rum memberikan nama menu ini dengan nama “ayam geprek”.

Beda Ayam Geprek dengan Ayam Penyet

Kalau Anda sering menikmati sajian ayam goreng yang disajikan dengan sambal dan lalapan atau sayuran yang tersaji dengan kuliner tersebut, pasti Anda sudah tidak asing dengan nama ayam penyet yang sudah lebih dulu ada.

Pada dasarnya kuliner ini hampir sama, yaitu sama-sama berbahan dasar ayam, yang membedakan terletak pada tekstur dan cara penyajiannya. 

Apabila ayam penyet, cara membuatnya hanya dilakukan dengan cara menggoreng daging ayam yang sudah diukep dengan bumbu kuning, baru kemudian digoreng dengan minyak goreng yang panas. Baru kemudian disajikan dengan meletakkan ayam tersebut di layah (piring yang terbuat dari tanah liat) kemudian dipenyet atau ditekan, maka ayam penyet siap dinikmati.”

Hal ini berbeda dengan ayam geprek. Ayam geprek untuk bisa dinikmati harus diolah dengan cara yang berbeda dengan ayam penyet. Kalau ayam geprek ini harus digoreng dengan terlebih dahulu, kemudian dibalur dengan adonan tepung yang kemudian melapisi seluruh bagian daging ayam. Baru kemudian digoreng, setelah matang baru kemudian digeprek atau dipukul dan siap disajikan.

Foto-foto Kenikmatan Sajian Ayam Geprek

Ayam Geprek, Sajian Nikmat Kuliner Favorit

Ayam Geprek, Sajian Nikmat Kuliner Favorit

Ayam Geprek, Sajian Nikmat Kuliner Favorit

Ayam Geprek, Sajian Nikmat Kuliner Favorit

Menarik bukan? Sajian ayam geprek memang selalu menggoda, apalagi saat ini banyak ide kreatif dalam pengembangan produk ayam geprek, mulai dari variasi sambal, sampai dengan penambahan keju dan juga mozarella yang menjadikan sajian ayam geprek ini menjadi bertambah nikmat. Coba saja Anda datang ke gerai restoran ayam geprek seperti Geprek Bensu, disitu terdapat banyak pilihan ayam geprek dengan pilihan sambal dari seluruh nusantara. Bahkan tidak hanya gerai kuliner milik artis, bahkan hanya sekedar ayam geprek yang dijual secara online, rasanya sangat nikmat.

Semoga informasi tentang ayam geprek, sajian nikmat kuliner favorit tersebut bermanfaat dan menjadi referensi serta informasi untuk Anda. Selain referensi, bisa jugainformasi tentang ayam geprek ini menjadi ide bisnis yang bisa Anda buka di masa pandemi yang bisa menambah pundi-pundi keuangan Anda. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Post a Comment

0 Comments