Rawon Nguling, Sensasi Lezat Kuliner Khas Probolinggo

Menikmati sajian kuliner memang sangat menyenangkan, kalau Anda menikmati wisata, entah melakukan traveling atau memang memiliki tujuan khusus untuk menikmati sajian kuliner di suatu daerah, tentu sajian kulner legendaris selalu menjadi tujuan utama. Begitu pula saat menikmati jalan-jalan di daerah Probolinggo, selain bisa menikmati wisata alamnya yang terkenal yaitu Kawasan Wisata Gunung Bromo, di daerah ini juga memiliki kuliner legendaris yang luar biasa, yaitu sajian rawon. Begitu banyak pilihan sajian tempat kuliner yang menyediakan rawon, namun Rawon Nguling, sensasai lezat kuliner khas Probolinggo ini seolah menyihir kita untuk tidak bisa pindah ke lain hati.

Sebenarnya kuliner rawon, sudah menjadi sajian biasa yang sering ditemui di Jawa Timur, apalagi saat hajatan atau acara, sajian kuliner rawon sangat mudah dijumpai dan disajikan bagi para tamu. Rawon sendiri merupakan masakan khas berupa sup dengan isi daging didalamnya dengan kuah hitam. Kuah hitam yang gurih dan lezat ini karena adanya kandungan kluwek yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas dan akan menggugah selesa saat Anda mencicipinya.

Rawon Terdekat dan Enak Setelah Menikmati Keindahan Wisata Gunung Bromo

Mengapa bisa dikatakan sebagai rawon terdekat yang bisa dikunjungi setelah menikmati keindahan Gunung Bromo? Hal ini disebabkan daerah Tongas merupakan salah satu pintu masuk dan keluar untuk menuju ke Bromo kalau dari arah Surabaya. Memang di daearah Tongas terdapat berbagai macam pilihan kuliner legendaris dan enak, salah satunya adalah Rawon Nguling, yaitu tempat kuliner legendaris di Probolinggo yang menyediakan lezat khas Jawa Timur.

Rawon Nguling, Sensasi Lezat Kuliner Khas Probolinggo;Rawon Terdekat dan Enak Setelah Menikmati Keindahan Wisata Gunung Bromo
Rawon Nguling

Tempat kuliner “Rawon Nguling” ini berlokasi di Jalan Raya Tambakrejo No. 75, Wringinan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Kalau dari arah Surabaya, tempat kuliner ini berada di sebalah kiri jalan. Lokasinya yang mudah dicapai, apalagi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan para pengunjung termasuk area parkir akan membuat Anda betah dan berlama-lama menikmati sajian kuliner di Rawong Nguling ini.

Rawon Daging Khas Rawon Nguling Probolinggo

Tidak salah kalau mengatakan rawon ini sebagai rawon legendaris, bagaimana tidak, rawon yang sudah turun temurun ini dan telah ada sejak 73 tahun lalu ini juga menjadi jujugan orang penting di Indonesia. Seperti Presiden Indonesia ke-6, yaitu Bapak Soesilo Bambang Yudoyono, yang pernah singgah dan menikmati kenikmatan sajian rawon di Rawon Nguling ini. 

Baca juga: Rumah Makan Warket, pilihan kuliner di Tongas, Probolinggo.

Sebagai sajian utama di tempat kuliner ini, menu rawon daging sapi menjadi menu utama yang disajikan disini, meskipun terdapat menu lainnya, seperti nasi gule, nasi campur, nasi sop, nasi lodeh, nasi pecel, dan berbagai pilihan menu nasi lainnya. Menu ini belum ditambah dengan sajian lauk yang bisa Anda pilih.

Untuk rawon, dalam satu porsi disajikan bersama nasi, irisan daging sapi, sambal terasi dan tauge atau kecambah kecil. Menu rawon yang khas dan enak ini sangat enak kalau disantap selagi hangat, apalagi dengan daging sapinya yang lembut saat dikunyah. Untuk menambah kenikmatan saat menikmati rawon, juga disediakan menu lauk yang disajikan terpisah dan akan dihitung tersendiri seperti telur asin, empal goreng, paru, dan juga tempe.

Foto-foto Rawon Nguling

Penunjuk arah Rawon Nguling
Penunjuk arah Rawon Nguling

Rawon Daging Khas Rawon Nguling Probolinggo
Sajian rawon di Rawong Nguling (Foto: Instagram.com/sulistiantost)

Rawon Nguling, Sensasi Lezat Kuliner Khas Probolinggo
Lauk tambahan yang disajikan (Foto: Instagram.com/adhistan)

Foto Pak SBY

Menu

Rawon Nguling

  • Lokasi: Jalan Raya Tambakrejo No. 75, Wringinan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.
  • Jam buka: Pukul 05.00 sampai dengan 21.00 WIB.
  • Nomor yang bisa dihubungi: 0335 511350 atau 511091 atau di nomor 0813 3320 6009.

Itu dia sedikit review kuliner tentang “Rawon Nguling, sensasi lezat kuliner khas Probolinggo”. Anda tidak akan menyesal untuk menikmati sajian lezat rawon khas Probolinggo.

Post a Comment

0 Comments