Gudeg Yu Djum, Pilihan Kuliner Khas Yogyakarta

Gudeg Yu Djum, Pilihan Kuliner Khas Yogyakarta - Yogyakarta, kota ini selalu menjadi tujuan wisata bagi para turis, baik dari dalam Indonesia sendiri juga dari mancanegara. Begitu banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi di kota budaya dan kota wisata ini, termasuk salah satunya adalah wisata kulinernya. Diantara berbagai sajian kuliner enak yang bisa dicoba, sepertinya kuliner gudeg manjadi salah satu tujuan kuliner yang tidak pernah sepi dikunjungi para pecinta kuliner. Diantara berbagai pilihan kuliner gudeg, maka gudeg Yu Djum bisa menjadi tujuan utama untuk menikmati kuliner gudeg di Kota Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum, Pilihan Kuliner Khas Yogyakarta
Gudeg Yu Djum

Begitu pula saat menginap di area yang dekat dengan Kawasan Wisata Malioboro, yaitu di daerah Dagen. Dagen, kampung ini berada di sebelah barat Mall Malioboro. Kebetulan hotel tempat kami menginap berada di Jalan Dagen, hal ini untuk mempermudah kami agar bisa menikmati kawasan wisata yang ada di dekat Malioboro. Dan pas juga di Jalan Dagen ini juga terdapat gerai gudeg yang membuat kami tidak perlu jauh-jauh ke pusatnya atau sentra gudeg yang lain.

Gudeg Jogja, Ya Gudeg Yu Djum

Gudeg, salah satu kuliner khas Yogyakarta ini memang selalu membuat orang penasaran. Salah satu kuliner gudeg yang wajib dikunjungi dan dicoba adalah sajian Gudeg Yu djum. Gudeg Yu Djum saat ini memiliki beberapa lokasi di di Yogyakarta. Namun, untuk gerai Gudeg Yu Djum yang berada di Kawasan Wisata Malioboro, lokasinya berada di Jalan Dagen No. 2C, Sosromeduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Sebagai salah satu kuliner gudeg yang ada di Kota Yogyakarta, Gudeg Yu Djum termasuk salah atu kuliner legendaris yang sudah ada ssejak than 1950-an, yang didirikan oleh Bu Djuwariyah. Pada awalnya Bu Djuwariyah berjualan gudeg di trotoar Jalan Wijilan di sebelah timur alun-alun utara Yogyakarta.

Kenikmatan Menu Gudeg Khas Yu Djum

Sebagai pilihan menikmati kuliner khas Yogyakarta, tentunya gudeg Yu Djum sangat enak dengan cita rasa yang khas. Gudeg Yu Djum ini masih diolah dengan cara tradisonal untuk mempertahankan rasanya sejak jaman dahulu. Banyak sekali lauk dan ragam isian yang bisa Anda pilih, dengan isi gudeg yang komplit dan porsi yang juga memuaskan.

Baca juga: Lesehan Raos Eco, Dagen, Yogyakarta.

Rasa gudegnya pun enak, apalagi bila dicampur dengan sajian sambal goreng kreceknya yang pedas dan sangat menggugah selera. Kreceknya diiris tipis kemudian dimasak dengan sambal kering berwarna kekuningan. Untuk gudegnya sangat enak terbuat dari buah nangka (gori) yang asli Prembun.

Gudeg Yu Djum biasanya disajikan di atas piring rotan, menu standarnya terdiri atas gudeg, sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir, tempe, tahu dan opor ayam.

Selain bisa dinikmati di tempat, gudeg Yu Djum ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, apalagi dengan packingnya yang rapi, dengan pilihan besek dan ada juga yang diletakkan dalam bentuk kuali. Gudeg ini bisa tahan sampai 2 hari dengan dihangati terlebih dahlu, namun bila disimpan di dalam kulkas bisa tahan ssampai 3 hari.

Foto-foto Gudeg Yu Djum Jalan Dagen Malioboro Yogyakarta

Gudeg Jogja, Ya Gudeg Yu Djum
Yu Djum

Gudeg Jogja, Ya Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum Jalan Dagen




Gudeg Yu Djum

  • Lokasi: Jalan Dagen No. 2C, Sosromeduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.
  • Jam buka: mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 22.00.
  • Nomor yang bisa dihubuungi: 0274 – 8564 848.

Itu dia sedikit informasi dan review kuliner “Gudeg Yu Djum, Pilihan Kuliner Khas Yogyakarta”. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuu Anda yang ingin menikmati sajian kuliner gudeg di Yogyakarta.

Post a Comment

0 Comments