6 Angkringan Khas Jogja di Kota Probolinggo

Kuliner masih menjadi bahasan menarik. Begitu pula kali ini, kuliner yang akan dibahas adalah kuliner yang ada di Kota Probolinggo, begitu banyak tempat kuliner legendaris dan juga kuliner baru yang muncul di kota ini, yang tentunya memperkaya kazanah kuliner di Kota Probolinggo. Di antara berbagai pilihan kuliner tersebut, maka angkringan menjadi tema menarik yang dipilih. Terdapat banyak pilihan kuliner angkringan di kota ini, mulai dari yang lama dan baru, yang muncul mencoba peruntungannya di Kota Probolinggo, namun kali ini akan dibahas 6 angkringan khas Jogja di Kota Probolinggo.

Menu kuliner "Angkringan Cak Kasan"

Bersyukur sekali kali ini, karena sejak ditetapkannya PPKM beberapa waktu lalu, Kota Probolinggo sudah masuk level 2 yang menjadikan adanya pelonggaran pada aktivitas bisnis dan melakukan aktivitas lainnya. Apalagi Kota Probolinggo sering menjadi tempat persinggahan sementara bagi mereka yang akan ke Tempat Wisata Gunung Bromo dan sekaligus ingin menikmati sajian wisata kuliner di Kota Probolinggo.

Angkringan Terdekat  di Pusat Kota Probolinggo

Angkringan selama ini memang diidentikkan dengan kuliner khas Jogja, namun siapa yang menyangka kuliner khas Jogja sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kota Probolinggo. Angkringan di Kota Probolinggo pada sekitar tahun 2013 sampai tahun 2014 masih dianggap barang baru, hal ini yang menjadikan beberapa angkringan yang buka saat itu masih bertahan sampai saat ini. Tentu saja dengan perkembangannya, angkringan yang ada di Kota Probolinggo memiliki konsep masing-masing, ada yang melakukan modifikasi konsep, ada juga yang masih menggunakan konsep sesuai kota asalnya, dengan hanya menggunakan gerobak dorong di pinggir jalan.

Tentunya sesuai dengan namanya, menu utama angkringan yang disajikan masih menggunakan sajian menu asli dari Jogja, seperti nasi kucing, bacem, sate telur puyuh, dan berbagai sajian menu sate khas angkringan, termasuk sajian menu minuman, seperti jahe hangat, kopi, susu jahe dan menu khas angkringan, yaitu wedang uwuh. 

Baca juga: Tempat makan gado-gado enak di Kota Probolinggo.

Untuk Anda yang tinggal atau saat ini sedang berada di Kota Probolinggo dan ingin menikmati sajian lezat atau hanya sekedar nongkrong di angkringan, terdapat 6 angkringan yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

  1. Angkringan Cak Kasan.
  2. Angkringan Mbok Nom.
  3. Angkringan Gasebu.
  4. The Angkringan Bromo.
  5. Angkringan Newsantara.
  6. Angkringan Fals.

Angkringan Terdekat  di Pusat Kota Probolinggo

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo

1 | Angkringan Cak Kasan.

Banyak yang mengatakan angkringan ini sebagai angkringan yang pertama buka di Kota Probolinggo. Angkringan ini buka pertama kali tanggal 9-9-2014 di Jalan A. Yani Kota Probolinggo. Pada awalnya angkringan ini menggunakan konsep yang sama dengan angkringan khas Jogja dengan bentuk gerobak dorong dan buka di pinggir jalan, namun dengan berkembangnya waktu dilakukan perubahan konsep, dengan menu yang semakin menarik yang disesuaikan dengan lidah Jawa Timuran, khususnya selera orang Probolinggo, yang menyukai rasa asin, gurih dan sedikit pedas. Begitu pula dengan konsep tempat tidak lagi berada dipinggir jalan, namun mengunakan konsep resto dan menggunakan ruko sebagai tempat menikmati makanan. Saat ini sejak 4 tahun lalu, angkringan ini pindah ke lokasi baru di Jalan Panjaitan karena sewa ruko sebelumnya yang habis masa sewanya.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Nasi bakar 'Angkringan Cak Kasan'

Menu yang menjadi andalan di Angkringan Cak Kasan adalah nasi gurih bakar dan juga nasi kucing dengan bungkus daun pisang dengan jumlah menu nasi sampai 16 jenis menu, ditambah dengan menu favorit seperti ceker ayam pedas.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Angkringan Cak Kasan

Angkringan Cak Kasan ini berlokasi di Ruko Panjaitan Palace, Jl. Mayjen DI. Panjaitan No. 7, Kota Probolinggo.

Jam buka : 15.00 - 21.30 WIB.


2 | Angkringan Mbok Nom.

Angkringan Mbok Nom menjadi salah satu pilihan untuk menikmati waktu dan bersantai, konsepnya menggunakan semi outdoor, sehingga saat siang tidak panas, dan saat malam tempat kuliner ini memiliki suasana yang bagus, ditambah dengan ornamen kayunya. Menu makanannya berbeda dengan menu angkringan seperti biasanya, menu yang disajikan cenderung lebih ke makanan ringan dan banyak variasi minuman.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Menu nikmat 'Angkringan Mbok Nom' (Foto: Instagram.com/story.mpokmay)

Angkringan Mbok Nom ini berlokasi di Jl. Supriadi No. 25 B, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo.

Jam buka : 11.00 - 22.00 WIB.


3 | Angkringan Gasebu.

Angkringan ini menjadi pilihan untuk menikmati santai dan juga nongkrong, apalagi dengan nuansa bambu sebagai ornamennya. Angkringan ini berdiri di sebuah tempat yang dulunya hanyalah lahan kosong yang tidak digunakan. Atas ide Cak Ugeng bersama kelompok yang tergabung dalam Pokdarwis, tempat ini diubah menjadi angkringan dengan nama Gasebu yang merupakan singkatan dari ‘Galeri Seni Budaya’, yang membuat banyak pecinta seni dan budaya nongkrong dan menyajikan pertunjukan seni.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Nasi goreng (Foto: Instagram.com/angkringangasebu)

Angkringan Gasebu ini berlokasi di Jl. Sunan Kalijogo, Gang 1, Jati, Mayangan, Kota Probolinggo. 

Jam buka : 17.00 - 24.00 WIB.


4 | The Angkringan Bromo.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Foto: Google maps

Angkringan ini termasuk angkringan baru, yang dikelola oleh beberapa anak muda, dulunya The Angkringan Bromo bernama Angkringan Tenesan, karena lokasinya yang ada di dekat lapangan tenes Kota Probolinggo. Sama halnya dengan angkringan lainnya, angkringan ini menggunakan konsep khas Jogja dengan berbagai menu nasi kucing dan aneka sate.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Foto: Google maps/moch ali sadikin

The Angkringan Bromo ini berlokasi Jl. AIS Nasution No. 5, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo.

Jam buka: 15.30 - 22.30 WIB.


5 | Angkringan Newsantara

Sama halnya angkringan lainnya, maka Angkringan Newsantara ini menggunakan konsep angkringan sebagai tempat nongkrong, khususnya untuk anak muda dengan mengedepankan sajian kopi, dan aneka makanan sebagai pendamping atau teman nongkrong.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Foto: Instagram.com/sebelum_kenyang

Angkringan Newsantara ini berlokasi Jl. A. Yani (Flora ke timur), Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo.

Jam buka : 16.00 - 23.30 WIB.


6 | Angkringan Fals

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Menu nikmat 'Angkringan Fals' (Foto: Instagram.com/angkringan_fals)

Ini dia angkringan yang bisa disebut sebagai prototype-nya angkringan khas Jogja, bentuknya hampir sama dengan angkringan yng ada di Jogja, dengan hanya menggunakan gerobak dorong dan berbagai aksesorisnya. Begitu pula dengan berbagai sajian makanannya mulai nasi kucing, dan aneka sate, semuanya disajikan disini, dan pas untuk anak muda yang ingin nongkrong santai ala Jogja.

Angkringan Jogja di Kota Probolinggo
Angkringan Fals (Foto: Instagram.com/angkringan_fals)

Angkringan Fals ini berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 11 (Sebelah Apotik Jati Mas), Jati, Mayangan, Kota Probolinggo.

Jam buka: 19.00 - 01.00 WIB.

Itu dia informasi 6 angkringan khas Jogja di Kota Probolinggo, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Kota Probolinggo.

Post a Comment

0 Comments